Rabu, 04 November 2015

PENGERTIAN -PENGETIAN UMUM DALAM SOSIOLOGI

.   


       Pada sosiologi pasti sering sekali muncul kata-kata seperti ini berikut adalah pengertianya :
·         Tindakan social : individu yang berinteraksi dengan individu lain dan individu tersebut dapat                                memepengaruhi  tindakan individu lainnya .
·         Interaksi social  :hubungan sosoal yang menyangkut hubungan antar individu ,individu & kelompok dan  kelompok dengan kelompok .
·         Kontak social     : berinteraksi dalam bentuk berbicara,tatap muka,maupun bersalaman .        
·         Kelas social        : perbedaan stratifikasi antar insan atau kelompok manusia dalam masyarakat.
·         Status social      : sekumpulan hak dan kewajian yang di miliki seseorang dalam masyarakatnya.
·         Peran social       : pelaksanaan hak dan kewajiban seseorang sesuai status sosialnya.
·         Kelompok          : sekumpulan orang yang memiliki kesadaran bersama dan saling berinteraksi .
·         Lembaga            : suatu system norma untuk mencapai suatu tujuan atau kegiatan yang di anggap penting masyarakat .
·         Masyarakat       : sekumpulan orang yang tinggal di suatu tempat melakukan interaksi , mencapai tujuan bersama dan menghasilkan suatu budaya .
·         Masalah social  : gejala /fenomena social yang tidak sesuai antara apa yang dikhendaki masyarakat dengan apa yang terjadi .    
·         Motivasi             : proses yang menjelaskan arah ,insensitas ,dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya .
·         System social     : suatu keseluruhan dari unsure-unsur social yang berkaitan dan berhubungan satu sama lain dan saling mempengaruhi dalam kesatuan.
·         Organisasi social : perkumpulan social yang dibuat masyarakat baik yang berbadan hukum mauapun yang berbadan tidak hukum    .
·         Dinamika social   : penelaahan tentang perubahan-perubahan yang terjadi dalam fakta-fakta social yang saling berhubungan dalam masyarakat .
·         Mobilitas social   : kemampuan individu/kelompok untuk bergerak ke atas ,ke bawah , maupun horizontal dalam status berdasarkan kekayaan ,pendidikan,atau beberapa variable social lainnya.   
·         Pengendalian social : cara &proses yang dilakukan kelompok/masyarakat shingga anggotanya bertindak sesuai harapan kelompok/masyarakata tsb.
·         Penyimpangan social : prilaku sejumlah orang dalam suatu masyarakat yang di anggap sebagai tercela /di luar batas toleransi
·         Fenomena social         : kondisi dimana manusia menggangap segala hal yang di alaminya sebuah kebenaran absolute.
·         Nilai social                     :sikap dan perasaan yang diterima scara luas oleh masyarakat dan merupakan dasar untuk merumuskan apa yang benar dan apa yang penting .
·         Norma social          : kebiasaan umum yang menjadi patokan prilaku dalam suatu kelompok masyarakat dan batasan wilayah tertentu.
·         Deferensiasi social : adalah proses penempatan orang-orang dalam bebagai kategori sosial yang berbeda.
·          Gejolak social         : bentuk reaksi social yang lahir dari ketidak puasan kolektif masyarakat terhadap suau keadaan .
·         Internalisasi             : proses panjang sejak seorang individu dilahirkan sampai ia hamper meninggal.
·         Eksternalisasi           : pencurahan/ekspresi diri manusisa ke dalam dunia Baik kegiatan mental/fisik.
·         Sosialisasi                 : proses penanaman dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok /masyarakat.
·         Enkultrasi                 : proses adaptasi budaya .
·         Difusi : penyebaran unsure-unsur kebudayaan dan sejarah ke seluruh dunia bersamaan dengan terjadinnya proses penyebaran dan migrasi kelompok-kelompok manusia di muka bumi.
·         Akulturasi : kebudayaan bertemu dengan kebudayaan asing shingga lambat laun diterima dan di olah di dalam kebudayaan sendiri tanpa hilangnya kebudayaan awal.
·         Asimilasi : proses perpaduan dua kebudayaan .

·         Inovasi     : proses pembaharuan dari sumber-sumber alam,energy &modal ,penggunaan teknologi baru,dan adanya produksi di buatnya produk-produk baru .                        






   

0 komentar: